Futsal saat ini menjadi salah satu cabang olahraga yang sangat digandrungi di Indonesia. Olahraga Futsal yang merupakan cabang dari sepakbola yang sangat populer di tanah air telah banyak dimainkan sejak beberapa tahun kebelakang. Dengan semakin besarnya minat masyarakat terhadap olahraga futsal, bisnis futsal pun kini menjadi prospek bisnis yang menguntungkan.

Olahraga Futsal yang sebenarnya telah berkembang sejak lama, mulai mendapatkan tempat di Indonesia sekitar 4 tahun terakhir. Peminatnya pun datang dari berbagai kalangan mulai dari pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran, hingga eksekutif muda banyak yang menghabiskan waktu hangout bersama teman dengan bermain futsal. Tingginya minat terhadap futsal membuat prospek bisnis futsal saat ini menjadi bisnis yang menjanjikan.

Ada beberapa hal yang membuat prospek bisnis di bidang futsal masih akan terus tumbuh di Indonesia:

1. Ketersediaan lapangan sepakbola yang semakin berkurang
Di kota-kota besar, untuk menemukan sebuah lapangan sepakbola sepertinya sangat sulit. Pembangunan apartemen, mall, dan perumahan semakin mengurangi keberadaan lahan kosong untuk area bermain sepakbola. Dengan adanya lapangan futsal, kebutuhan masyarakat untuk bermain bola pun bisa tersalurkan.

2. Mudah untuk dimainkan
Meskipun peraturan yang ada dalam olahraga futsal hampir sama dengan sepakbola, namun kenyataannya lebih mudah untuk bermain futsal dibandingkan sepakbola. Dengan jumlah pemain yang tidak terlalu banyak tentu akan lebih mudah mengumpulkan teman atau rekan kerja untuk bermain futsal bersama-sama. Selain itu letak lapangan futsal yang rata-rata bertipe indoor menjadikan olahraga futsal bisa dimainkan setiap saat tanpa khawatir akan perubahan cuaca.

3. Kepopuleran sepakbola di Indonesia
Bukan rahasia lagi jika penduduk Indonesia sangat menggilai sepakbola. Seiring kurangnya sarana dan prasarana yang tersedia untuk bermain sepakbola, banyak masyarakat yang beralih memainkan futsal sebagai pelepas hobi bermain bola mereka. Hal ini yang membuat popularitas futsal tumbuh sangat cepat terutama di kota-kota besar.

4. Maraknya turnamen futsal antar sekolah
Sekarang ini banyak digelar kompetisi futsal antar sekolah. Tingkatannya pun tidak tanggung-tanggung, dari mulai skala antar sekolah hingga skala nasional. Tentu atmosfer kompetisi seperti ini akan lebih mengenalkan olahraga futsal ke anak-anak muda lebih luas lagi. Dan tentu saja, sarana seperti lapangan futsal yang layak pun akan semakin banyak dibutuhkan untuk menggelar kompetisi semacam ini.
Empat point diatas hanya sebagian kecil dari faktor yang memicu tumbuhnya olahraga futsal di Indonesia. Dengan prospek yang begitu besar, bisnis futsal pun menjadi pilihan yang tepat untuk mereka yang ingin menggeluti bisnis ini.

Untuk menggeluti bisnis di bidang ini, perlu diketahui juga beberapa hal penting yang berkaitan dengan futsal, seperti :
-. Lokasi
-. Jenis lantai futsal dan indoor soccer
-. Keuntungan menggunakan rumput sintetis
-. Tips memilih rumput sintetis yang baik
-. Pemilihan ukuran lapangan futsal yang sesuai standard
Sedikit gambaran diatas menunjukkan bahwa masih banyak peluang yang terbuka lebar untuk mereka yang ingin menggeluti bisnis di bidang futsal sebagai penyedia jasa lapangan futsal. Yang terpenting adalah bagaimana menyikapi perkembangan yang terjadi dalam olahraga itu sendiri sekaligus memberikan yang terbaik bagi kepuasan konsumen.